DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL TEBAK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 2 PAYA
PENGARANG:SUSTIANI ARDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-04


Ardiana, Sustiani (2022) Implementasi Model TEBAK Untuk Meningkatkan Aktivitas, Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDN 2 Paya. Skripi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Diani Ayu Pratiwi, M.Pd.

Kata Kunci : TEBAK , Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar.

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan kurangnya perlibatan siswa dalam pembelajaran, siswa kesulitan mengerjakan soal secara berkelompok, siswa belum memahami konsep materi dan siswa hanya menghapalkan materi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran TEBAK dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbaikan kualitas aktivitas guru, menganalisis aktivitas belajar, peningkatan keterampilan berpikir kritis dan peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Paya yang berjumlah 10 siswa terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 3 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa sedangkan, data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, gambar dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa dari pertemuan I sampai pertemuan IV dan mencapai standar yang diharapkan sesuai dengan indikator keberhasilan. Pada pertemuan IV, faktor aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa telah mencapai persentase 100% dengan kriteria “Sangat Baik, Sangat Aktif dan Sangat Terampil”. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model TEBAK dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan berpikir kritis yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI