DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Muatan IPS Menggunakan Model PETANI di Kelas V SDN Semangat Dalam 4
PENGARANG:FAHMI NURIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-04


Nurin, Fahmi. 2022. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Muatan IPS Menggunakan Model PETANI di Kelas V SDN Semangat Dalam 4. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, Model PETANI

 

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa, hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPS. Hal ini disebabkan karena kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya siswa berpikir kritis dalam belajar, dan kurangnya motivasi serta minat belajar siswa. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada muatan IPS yaitu melalui penggunaan model pembelajaran PETANI ( kombinasi model pembelajaran problem basid learning, talking stick dan group investigation ). Tujuan dari peneliti ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Semangat Dalam 4 BATOLA tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 24 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kuanlitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru, siswa dan keterampilan berpikir kritis. Data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis secara individu berupa lembar kerja peserta didik dan evaluasi. Analisis data menggunakan tipe Transformative Mixed Methodes dengan interpretasi menggunakan Descriptive Analysis dan Cross TabulationAnalysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I sampai IV meningkat dari skor 83,33 menjadi skor 100, aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 33,33% menjadi 91,67% sangat aktif. Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan I sampai IV terjadi peningkatan dari skor 31,25% menjadi 91,67% sangat aktif, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa dari pertemuan I sampai IV mengalami peningkatan juga dari 56,94% menjadi 95,83% secara klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PETANI dapat meningkatkan Aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas V SDN Semangat Dalam 4 Kabupaten Barito Kuala. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI