DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTEN INSTAGRAM DINAS PARIWISATA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA
PENGARANG:FARHAN SENTANU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-04


Farhan Sentanu, 1810414310041, 2022. “Konten Instagram Dinas
Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Sebagai Media Promosi Pariwisata.
Dibawah bimbingan Dr. H. Bachruddin Ali Akhmad, M.Si.
Media sosial instagram merupakan salah satu dari sekian banyak media
sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarkat dunia termasuk indonesia,
dengan kemudahan fitur yang ditawarkan instagram membuat beberapa kegiatan
yang umumnya dilakukan masyarakat secara konvensial menjadi bergeser kearah
digital sebab adanya instagram. Salah satunya adalah kegiatan promosi yang
akhirnya menjamur dan umum ditemui di instagram yang mana dengan adanya
instagram kegiatan promosi menjadi jauh lebih mudah dan ekonomis. Salah satu
akun yang memanfaatkan kemudahan ini adalah @disparkalsel selaku media sosial
intagram resmi Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan. Akun @disparkalsel
adalah akun promosi yang berfokus pada bidang pariwisata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifnya kegiatan
promosi pariwisata melalui media sosial instagram dengan menjadikan akun
@disparkalsel sebagai objek penelitian. Fokus penelitian juga berpusat pada
konten yang diproduksi oleh @disparkalsel sebagai produk pariwisata mereka di
instagram guna meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan
Kalimantan Selatan. Jenis dan tipe penelitian adalah deskriptip kualitatif , dalam
penelitian ini jenis dan sumber data yang digunakan yakni sumber data primer yang
mana data diambil langsung dari Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan
selaku pengelola akun @disparkalsel dan wawancara dengan admin serta pengikut
@disparkalsel. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi pustaka dan jurnal,
dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa akun @disparkalsel selaku
media promosi pariwisata dinilai memiliki peran yang baik oleh pengikutnya
sebagai media promosi pariwisata dengan aktif memproduksi konten dan interaktif
dengan seluruh pengikutnya terlebih saat ada pertanyaan mengenai pariwisata.
Walaupun dalam penyampaian informasi pariwisata masih perlu beberapa
perbaikan sebab masih ditemukannya misinfomasi mengenai banyaknya konten
kegiatan dinas pariwisata dan kurang rincinya informasi yang diberikan dalam
mendeskripsikan lokasi wisata yang dipromosikan.
Kata kunci : Media sosial, Instagram, Promosi, Pariwisata

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI