DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL GISNET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:MAGHFIRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-04


Maghfirah. 2022. Implementasi Model Gisnet Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Asrani, M.Pd.

Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Sekolah Dasar, Gisnet.

Permasalahan pada penelitian ini ialah beberapa siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi pembelajaran, pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa, dan kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada aktivitas dan hasil belajar anak yang belum maksimal, sehingga perlu diadakan penelitian ini. Salah satu upaya untuk mengatasunya yaitu menggunakan model pembelajaran Gisnet, kombinasi model Group Investigation (GI), Scramble dan Numbered Head Together (NHT). Tujuannya untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan PPkn di kelas VB SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VB SDN Kuin Utara 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 16 orang siswa dengan 5 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengambilan data dengan menggunakan pengolahan data kualitatif yaitu dengan observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa melalui tes tertulis secara individu maupun klasikal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada akhir pertemuan ke-4 mencapai kriteria sangat baik dengan perolehan skor 32. Aktivitas siswa pada pertemuan ke-4 mencapai kriteria sangat aktif dengan persentase 87,5%. Begitu pula pada ketuntasan klasikal hasil belajar siswa yang meningkat pada pertemuan ke-4 secara klasikal memperoleh persentase 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Gisnet dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dengan demikian, diharapkan guru menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran yang akan dating untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI