DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mobilitas Perempuan Penyandang Disabilitas pada Rumah Tangga Berpenghasilan Rendah di Kelurahan Kelayan Barat Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin
PENGARANG:Orchidea Annaysa Azizah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-04


Perempuan penyandang disabilitas di Kelurahan Kelayan Barat Kecamatan Banjarmasin Selatan yang tinggal di rumah tangga berpenghasilan rendah memiliki tingkatan dan bentuk mobilitas yang berbeda-beda yang mana mempengaruhi kualitas hidup mereka saat ini. Kelurahan Kelayan Barat merupakan wilayah kumuh yang memiliki tingkat kemiskinan cukup tinggi, wilayah kumuh juga kerap familiar dengan lingkungannya yang tidak inklusi atau tidak ramah terhadap penyandang disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendorong dan penghambat mobilitas sosial pada perempuan penyandang disabilitas.

            Penelitian ini menggunakan metode kualitatif agar dapat mendeskripsikan permasalahan yang terjadi di lapangan sesuai dengan rumusan masalah. Pemilihan tempat di Kelurahan Kelayan Barat karena termasuk wilayah kumuh, salah satu daerah yang banyak dihuni oleh penyandang disabilitas, serta lingkungan yang tidak inklusif. Sumber data diperoleh secara purposive sampling dengan dua jenis yaitu data primer dan data sekunder dengan menentukan kriterita informan yang dituju, yaitu sebanyak 3 (tiga) perempuan penyandang tunadaksa. Instrumen penelitian ini menggunakan human instrument. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kajian literatur. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang meliputi perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi.

            Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) faktor pendorong mobilitas sosial dipengaruhi oleh faktor pendidikan, ekonomi, dan individu. (2) Sedangkan faktor penghambat pada mobilitas sosial dipengaruhi oleh tingginya tingkat kemiskinan yang melanda sehingga menghindarkan mereka untuk mengakses pendidikan untuk memperoleh bekal hidup.

            Berdasaran hasil penelitian ini maka saran yang diberikan yaitu  stakeholders harus terus mengajak perempuan penyandang disabilitas membangun kepercayaan dirinya dan belajar untuk memperoleh keterampilan dalam bekerja agar dapat mengurangi tingkat kemiskinan yang ada. Saran untuk lingkungan masyarakat maupun keluarga informan adalah berikan kepercayaan pada penyandang disabilitas agar kepercayaan diri serta motivasi untuk mengembangkan kemampuan diri mereka semakin meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI