DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Matematika Menggunakan Kombinasi Model RME, Snowball Throwing dan TGT Dibantu Media Papan Berpaku Siswa Kelas IV SDN Telawang 1 Banjarmasin
PENGARANG:KAMSIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-05


Kamsiah, 2022 Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Matematika Menggunakan Kombinasi Model RME, Snowball Throwing dan TGT Dibantu Media Papan Berpaku Siswa Kelas IV SDN Telawang 1 Banjarmasin Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Khairil Anwar, M.Pd

Kata Kunci : Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil belajar, RME, Snowball Throwing, TGT dan Papan Berpaku.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas belajar siswa karena siswa pasif dalam pembelajaran. Kurang memahami konsep matematika yang dipelajari, siswa mengalami kejenuhan dan kurang inovasi belajar yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Telawang 1 Banjarmasin. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa yaitu melalui kombinasi model RME, Snowball Throwing dan TGTDibantu Media Papan Berpaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian tindak kelas, yang dilaksanakan denga empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Telawang 1 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022, dengan jumlah siswa 10 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dengan indikator keberhasilan  (sangat baik) dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan 80% (sangat aktif dan aktif). Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan indikator ketuntasan belajar individu mencapai nilai 75 dan secara klasikal  dari seluruh siswa yang mencapai nilai 75.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria sangat baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I dengan kriteria hampir seluruhnya aktif, pertemuan II mencapai kriteria sebagian kecil aktif, pertemuan III mencapai kriteria saebagian besar aktif dan pertemuan IV mencapai kriteria seluruhnya aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I yaitu masih 20%, pertemuan II Mencapai 60%, pertemuan III mencapai 80% dan pertemuan IV mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dpat disimpulkan bahwa Kombinasi Model RME, Snowball Throwing dan TGT Dibantu Media Papan Berpaku dapat meningkatkan pemahaman hasil belajar materi bangun datar di kelas IV SDN Telawang 1 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI