DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION, TEAMS GAMES TURNAMENT DAN COURSE REVIEW HORAY) PADA SISWA KELAS 4 SDN SUNGAI MIAI 8 BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:NURUL ADHIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-05


ABSTRAK

Adhiyah, Nurul. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Muatan IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Menggunakan Kombinasi Model (Student Teams Achievement Division, Teams Games Turnament dan Course Review Horay) pada Siswa Kelas 4 SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin Utara Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model (Student Teams Achievement Division, Teams Games Turnament dan Course Review Horay)

Masalah yang terjadi di SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin adalah dampak hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tema 7 indahnya keragaman di negeriku materi keberagaman suku bangsa, bahasa daerah dan rumah adat di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta menganalisis hasil belajar siswa di kelas 4. Salah satu upaya meningkatkan pembelajaran yaitu melalui kombinasi model (Student Teams Achievement Division, Teams Games Turnament dan Course Review Horay).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara individu maupun kelompok. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan mengalami peningkatan hingga mendapatkan skor 32 dengan kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa selalu mengalami peningkatan disetiap pertemuannya hingga mencapai kategori sangat aktif dengan persentase 87%. Hasil belajar siswa selalu mengalami peningkatan disetiap pertemuannya mencapai kategori sangat baik dengan ketuntasan klasikal 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model (Student Teams Achievement Division, Teams Games Turnament dan Course Review Horay) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI