DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL NAVIGASI SISWA KELAS V SDN BELITUNG SELATAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:Akhmad Ridhani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-05


ABSTRAK

Ridhani, Akhmad, 2022. Implementasi Model Navigasi, meningkatkan aktivitas,motivasi dan hasil belajar siswa. Skripsi Program Pendikan Guru Sekolah Dasar. Falkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Diani Ayu Pratiwi, M.Pd

Kata Kunci : Navigasi, Aktivitas, Motivasi, hasil belajar.

Permasalahanpenelitianadalahrendahnyaaktivitassiswadanmotivasi sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajarsiswa pada muatan  pelajaran PPKn. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang bersifat satu arah,siswa masih bersifat pasif, pembelajaran cenderung abstrak, siswa tidak terbiasaberpikir kritis,kreatif dan materi sulit dipahami. Salah  satu upaya mendeskripsikanaktivitassiswa,motivasidanhasilbelajaryaitudenganmenggunakan kombinasi Model pembelajaran Navigasi (Number Head Together, Group Investigation dan Problem Based Learning).Adapuntujuandaripenelitianiniadalah  mendeskripsikanaktivitasguru, meningkatkan aktivitas  siswa,motivasi dan hasilbelajarsiswa.

PenelitianinimenggunakanjenisPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianyaknisiswakelasVSDNBelitung Selatan 1 Banjarmasintahun ajaran pelajaran2021/2022sebanyak28orang.Jenisdatapenelitianyangdigunakanadalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasiaktivitasguru,siswadanmotivasisiswa.Sedangkandatakuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis secara individu berupalembarkerjasiswadanevaluasi.

penelitian mengungkapkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan Imemperolehskor 26,pertemuanII 27,pertemuanIII skor meningkat30danpertemuanIVskormencapaimaksimal31dengankualifikasisangatbaik.Aktivitas Siswa pertemuan I hanya 18%, pertemuan II 39%, pertemuan III 75%serta pertemuan IV meningkat secara signifikan 93% dengan kualifikasi sangataktifdanaktif.motivasipadapertemuanI 25%,pertemuanII 39%,pertemuan III 75% dan pertemuan IV meningkat secara signifikan 89% dengankualifikasi sangat aktif dan aktif. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajarranahafektifdaripertemuanI46%menjadi89%,kognitif42%menjadi86%danranahpsikomotorik29% meningkatmenjadi89%.

Berdasarkan hasil temuan dapat disumpulkan bahwa model NAVIGASI berhasil meningkatkan aktivitas guru, siswa, motivasi dan hasil belajar siswa. Disarankan dalam penggunakan model Navigasi dapat dijadikan salah satu  referensi alternatif dalam meningkatkan aktivitas, motiviasi dan hasil belajar siswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI