DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KOGNITIF DAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN METODE EKSPERIMEN PADA SENTRA BAHAN ALAM KELOMPOK B1 TK KEMALA BHAYANGKARI 14 MARABAHAN
PENGARANG:NI KETUT AYU LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-05


Lestari, Ni Ketut Ayu. 2022. “Mengembangkan Kognitif Dan Aktivitas Belajar Melalui Model Project Based Learning Dan Metode Eksperimen Pada Sentra Bahan Alam Kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 14 Marabahan” Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Maimunah, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Belajar, Perkembangan Kognitif, Model Project Based Learning,  Metode Eksperimen, Sentra Bahan Alam.

 

           Penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada aspek kognitif anak dalam kegiatan eksploratif dan menyelidik pada kemampuan mengenal sains. Hal ini disebabkan aktivitas anak cenderung tidak aktif, anak mudah bosan tidak ikut berpartisipasi dalam belajar, upaya pemecahan masalah menggunakan model Project Based Learning Dan Metode Eksperimen Pada Sentra Bahan Alam. Tujuan penelitian untuk mendeksripsikan aktivitas guru, anak, dan hasil perkembangan kognitif anak dalam kegiatan eksploratif dan menyelidik pada kemampuan mengenal sains.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 14 Marabahan Tahun pelajaran 2021/2022, jumlah sebanyak 9 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, penilaian perkembangan kognitif. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada pertemuan ke-1 dengan skor 16 kategori “Baik”, Pertemuan ke-2 dengan skor 17 kategori “Baik”, Pertemuan ke-3 dengan skor 20 kategori “Sangat Baik” dan pertemuan ke-4 dengan skor 23 kategori “Sangat Baik”. (2) aktivitas anak pertemuan ke-1 dengan presentase 33.3% kategori “Kurang Aktif”, Pertemuan ke-2 dengan presentase 44.4% kategori “Cukup Aktif”, Pertemuan ke-3 dengan presentase 88.9% kategori “Aktif” dan pertemuan ke-4 dengan presentase 100% kategori “Sangat Aktif”. Hasil perkembangan kognitif pertemuan ke-1 presentase 33.3% hanya 3 anak yang berhasil berkembang hingga pada pertemuan ke-4 mencapai 100% atau 9 anak berhasil berkembang mendapatkan (BSH) dan (BSB).

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning dan metode eksperimen pada sentra bahan alam dapat meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan kognitif sesuai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Disarankan bagi kepala sekolah,guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan dan informasi untuk memilih model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI