DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MENGGUNAKAN MODEL RAME DENGAN MEDIA PANKU PADA KELAS IV SDN HANDIL BAKTI
PENGARANG:RISKA NORFAHMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-05


Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran Matematika. Hal tersebut disebabkan pembelajaran bersifat satu arah, kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, kurangnya kegiatan memecahkan masalah, siswa kurang terlatih dalam mengkomunikasikan pendapat dan pembelajaran kurang menyenangkan. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model RAME dan media PANKU dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Handil Bakti yang berjumlah 26 orang siswa terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan komunikasi siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 26 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan IV memperoleh skor 36 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I persentase 54%, meningkat pada pertemuan IV persentase 100%. Adapun keterampilan komunikasi siswa pada pertemuan I persentase 46%, meningkat pada pertemuan IV persentase 100%. Untuk ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I persentase 46%, meningkat pada pertemuan IV persentase 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model RAME dan Media PANKU dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan komunikasi dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, siswa dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan komunikasi siswa dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Komunikasi Siswa, RAME, PANKU

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI