DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, BERPIKIR KRITIS SERTA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VC SDN HANDIL BAKTI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PBL, ARTIKULASI EKSPERIMEN DAN MEDIA KOMEN RBG
PENGARANG:Arpani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-05


Arpani. 2022. Meningkatkan Aktivitas, Berpikir Kritis Serta Hasil Belajar Peserta Didik SD Menggunakan Kombinasi Model PBL, Artikulasi, Eksperimen Dan Media Komen RBG. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Zain Ahmad Fauzi, M.Pd

Kata Kunci: Media Komen RBG, Aktivitas Belajar, Keteraampilan Berpikir Kritis, hasil Belajar

Kondisi ideal pada saat pembelajaran yaitu komunikasinya berjalan dua arah, peserta didik berperan secara aktif dalam pembelajaran, peserta didik aktif dalam mengamati, menanya, menalar, berfikir kritis, menegosiasikan dan mengkomunikasikan. Namun pada kenyataannya peserta didik bersifat pasif, belum mampu berpikir kritis, cepat bosan dan kurangnya pemahaman terhadap materi pada Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan pada peserta didik kelas V SDN Handil Bakti yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Hal itu dikarenakan peserta didik lebih banyak mendengarkan penjelasan pendidik dan bersifat pasif, penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang memperhatikan karakteristik peserta didik dan kurang meningkatkan keterampilan berpikir kritis, serta pembelajaran yang cenderung monoton. Solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan pembelajaran menggunakan Kombinasi model PBL, Artikulasi, Eksperimen dan Media Komen RBG. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas peserta didik, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan pada peserta didik.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dilaksanakan di kelas Vc SDN Handil Bakti yang berjumlah 28 orang peserta didik. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan pendidik dan peserta didik yang didapat melalui observasi, serta data hasil belajar peserta didik yang didapat melalui tes dan observasi. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% peserta didik mencapai KKM nilai ≥ 80.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I hingga siklus II dengan perolehan Aktivitas pendidik dalam melaksanakan model pembelajaran mendapat skor 28 dari 36 skor maksimal Kategori Baik di siklus I dan mendapat skor 35 dari 36 skor maksimal disiklus II dengan Kategori sangat Baik. Aktivitas peserta didik pada siklus I yaitu 50% dengan kategori sebagian kecil aktif dan meningkat menjadi 100% pada siklus II dengan kategori seluruhnya aktif. Keterampilan berpikir kritis peserta didik pada siklus I yaitu 32% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan ketuntasan hasil belajar peserta didik 46% di siklus I meningkat menjadi 89% di siklus II kategori tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas pendidik dalam menggunakan model PBL, Artikulasi, Eksperimen dan Media Komen RBG dapat terlaksana dengan baik serta aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Disarankan agar pendidik dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif seperti model pembelajaran pada penelitian ini sehingga dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI