DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Literatur Implementasi Universal Design for Learning di Sekolah Inklusi
PENGARANG:Rahma Hidayati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-06


Universal Design for Learning merupakan sebuah solusi untuk mengatasi keberagaman karakteristik siswa dalam kelas inklusi. Namun pada kenyataannya masih banyak sekolah penyelenggara inklusi belum optimal dalam menerapkan UDL sebagai sebuah kerangka pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi UDL di sekolah inklusi, 2) Hambatan implementasi UDL di sekolah inklusi, 3) Solusi implementasi UDL di sekolah inklusi.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi literatur (Library Research). Sumber data yang digunakan adalah sumber data sekunder yaitu jurnal internasional dan nasional dengan tahun publikasi 10 tahun terakhir dengan jumlah keseluruhan 20 jurnal yang di screening sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Penerapan UDL di sekolah penyelenggara inklusi dimasukkan ke dalam beberapa acuan pembelajaran seperti RPP, strategi hingga pada media pembelajaran dengan memperhatikan 3 prinsip UDL yaitu keterlibatan, representasi dan ekspresi. 2) Hambatan penerapan UDL di sekolah inklusi diantaranya kurangnya personel dalam menerapkan UDL, kurangnya keterampilan guru, dll. 3) Solusi yang dapat dilakukan terhadap hambatan yang dihadapi salah satunya adalah dengan diadakannya pelatihan atau kursus berupa warkshop pengembangan profesional guru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI