DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PRESTASI KERJA PENDAMPING LOKAL DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DI DESA SARIGADUNG KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:IKA PAWITRA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-08


ABSTRAK

Ika Pawitra Sari, 1710413220010. Prestasi Kerja Pendamping Lokal Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa di Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu. Di bawah bimbingan Budi Suryadi.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Prestasi Kerja Pendamping Lokal Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa di Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang menjadi responden dalam penelitian ini yaitu Pendamping Lokal Desa Sarigadung, Kepala Desa Sarigadung, Sekretaris Desa Sarigadung, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Masyarakat Desa Sarigadung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prestasi Kerja Pendamping Lokal Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa di Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu yaitu belum optimal, hal tersebut dilihat dari beberapa indikator yaitu Kuantitas Kerja, Kualitas Kerja, Pengetahuan Tentang Pekerjaan, Pendapat atau Pernyataan yang Disampaikan, Perencanaan Kerja, dan Daerah Organisasi Kerja di aspek Kreatifitas dan Tanggung Jawab. Kemudian cenderung Optimal pada Keputusan yang diambil dan Daerah Organisasi Kerja di aspek Kepemimpinan.

Pemerintah harus melakukan penilaian secara langsung terhadap prestasi kerja pendamping lokal desa, sehingga dapat memberikan penghargaan kepada yang berprestasi agar menjadi motivasi dalam menjalankan tugas dengan baik dan memberikan sanksi jika tidak memenuhi tugas dan tanggung jawabnya. Kemudian perlu pelatihan secara intensif untuk Pendamping Lokal Desa secara berkelanjutan agar dapat menunjang dalam menjalankan tugas pendampingan secara maksimal dan Kepala desa perlu mendukung program kerja dalam pemberdayaan masyarakat serta ikut berperan memantau kegiatan pendampingan.

 

Kata Kunci: Prestasi Kerja, Pendamping Lokal Desa, Pemberdayaan Masyarakat Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI