DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION, NUMBERED HEAD TOGETHER DAN MEDIA PUZZLE PADA KELOMPOK B1 TK NEGERI PEMBINA BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:INDAH KARTIKASARI KUSMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-08


ABSTRAK

 

Kusma, Indah Kartikasari. 2022. Mengembangkan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan Melalui Model Direct Instruction, Numbered Head Together dan Media Puzzle Pada Kelompok B1 TK Negeri Pembina Banjarmasin Barat. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: Kognitif, Mengenal Lambang Bilangan, Direct Instruction, Numbered Head Together, dan Media Puzzle.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan kognitif anak pada kelompok B1 dalammengenal lambang bilangan masih belum berkembang dengan baik. Anak belum lancar membedakan bentuk dari lambang bilangan dengan baik. Seperti masih tertukar menyebutkannya atau saat menuliskannya juga dan ketika menjodohkan dengan benda, masih ada anak yang keliru. Masih terlihat bingung dan belum bisa mengingat dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil pengembangan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan melalui model Direct Instruction, Numbered Head Together, dan Media puzzle.

Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B1 TK Negeri Pembina Banjarmasin Barat yang berjumlah 8 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek perkembangan kognitif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada setiap pertemuan mengalami peningkatan. Aktivitas guru pertemuan pada pertemuan IIImemperolehskor 31 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anakpada  pertemuan IIImemperoleh persentase 100% kriteriasangat aktif. Dan hasil perkembangan kognitif pada pertemuan III mencapai 100% anak yang berhasil dengan mendapatkan kriteriaberkembang sangat baik (BSB).

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Direct Instruction, Numbered Head Together, danMedia Puzzledapat meningkatkan aktivitas, dan hasil perkembangan anak dengan sangat baik dan sangat aktif. Saran bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain dapat dijadikan sebagai masukan, informasi dan salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan perkembangan kognitif pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI