DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan bagi Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:SITI NOR NOVIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-08


ABSTRAK

Siti Nor Noviani, Nim 1610413320040. “Implementasi kebijakan pemerintah daerah dalam meningkatkan ketahanan pangan bagi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu”, Di bawah bimbingan Abdurraman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pemerintah daerah dalam meningkatkan ketahanan pangan bagi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teori yang digunakan yakni dikemukakan oleh Model Edward III diantaranya Faktor komunikasi, Disposisi, Sumber Daya, dan Struktur Birokrasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan bagi Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu dimana dalam Kebijakan Pemerintah Daerah untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan sudah cukup baik walaupun belum optimal. Namun, dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan bagi Kesejahteraan Masyarakat ditemukan beberapa kendala yang menyebabkan belum sepenuhnya optimal yaitu sarana dan prasarana, anggaran, sumber daya dan kurangnya faktor komunikasi. Tetapi, Pemerintah Daerah sudah mengoptimalkan untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan bagi Kesejahteraan Masyarakat, yang mana Pemerintah Daerah mampu memberikan peluang terbuka dalam berbagai akses kehidupan masyarakat.

Diharapkan kedepannya Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu perlu melakukan sosialisasi secara langsung atau tatap muka untuk memberikan pemahaman dan pengertian tentang program-program kebijakan dari Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan dari segi ketahanan pangan untuk kesejahteraan di masyarakat. Dan Kepala Desa/Lurah dan masyarakat perlu menjalankan tugas dari Pemerintah Daerah berupa program-program kebijakan maupun peraturan-peraturan terkait peningkatan ketahanan pangan guna untuk mensejahterakan masyarakat.

 

Kata Kunci : Kebijakan, Kesejahteraan Masyarakat, Ketahanan Pangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI