DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INOVASI MODEL PEMBELAJARAN PINTAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN MATEMATIKA KELAS V DI SEKOLAH DASAR
PENGARANG:Fitriyati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-08


Permasalahan penelitian adalah kurangnya aktivitas siswa, hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa belum berkembang, serta pembelajaran yang kurang menarik dan menyenangkan. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang bersifat satu arah, pembelajaran kurang menekankan pada keaktifan dan pembiasaan berpikir kritis, serta pembelajaran tidak diselingi kegiatan yang menyenangkan. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu melalui Model PINTAR yakni merupakan model yang terinspirasi dari model pembelajaran Problem Based Learning, Number Heads Together, Teams Games Tournament. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 2 siklus, yang mana 1 siklusnya dengan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Paya Kabupaten Hulu sungai Tengah tahun pelajaran 2021/2022, jumlah siswa sebanyak 8 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah ketuntasan belajar klasikal tercapai apabila terdapat ≥80% siswa yang memiliki penguasaan dengan nilai ≥70, serta aktivitas guru mencapai kriteria “sangat baik” dan aktivitas siswa mencapai kriteria “sangat aktif”.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “baik”, pertemuan 2 memperolehkriteria “baik”, pertemuan 3 kriteria “sangat baik”, dan pertemuan 4 kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 mengalami peningkatan dari pertemuan 1 memperoleh kriteria “cukup aktif”, pertemuan 2 kriteria “aktif”, pertemuan 3 kriteria “sangat aktif”, dan pertemuan 4 kriteria “sangat aktif”. Hasil belajar pada pertemuan 1 sampai 4 mengalami peningkatan dari pertemuan 1 mencapai 25%, pertemuan 2 mencapai 37,5%, pertemuan 3 mencapai 62,5%, dan pertemuan 4 mencapai 87,5% secara klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan Model PINTAR (Problem Based Learning, Number Heads Together, Teams Games Tournament)dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI