DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA DALAM MATERI STATISTIKA KELAS VIII BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENGUKUR LITERASI MATEMATIS SISWA
PENGARANG: Iqrima
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-08


Permintaan kehidupan menuntut setiap orang untuk memiliki kemampuan matematis. Soal yang digunakan di sekolah belum memfasilitasi literasi matematis siswa karena hanya mengacu pada pengetahuan prosedural. Salah satu upaya untuk mengatasi hal ini adalah dengan pengembangan soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan soal matematika dalam materi statistika kelas VIII berbasis etnomatematika untuk mengukur literasi matematis siswa  yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil pengembangan ini menunjukan bahwa validasi ahli memperoleh skor rata-rata sebesar 0,9155 yang artinya produk dapat dikatakan valid. Uji coba dilaksanakan di kelas VIII H SMP Negeri 6 Banjarmasin dengan jumlah 31 siswa, pada tahap uji coba ini diperoleh skor validitas rata-rata sebesar 0,7137 yang artinya produk berada dalam kategori valid. Uji kepraktisan menyatakan bahwa nilai rata-rata kepraktisan produk adalah 3,38. Berdasarkan hasil tersebut maka produk dikatakan valid oleh ahli dengan kategori “Sangat Tinggi” dan valid berdasarkan hasil uji coba. Reliabilitas produk mencapai kategori “Sangat Tinggi”, dan kepraktisan produk termasuk dalam kategori “Praktis” berdasarkan rata-rata angket respon positif siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI