DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, NUMBER HEAD TOGETHER, DAN MAKE A MATCH DI SEKOLAH DASAR
PENGARANG:Noor Aliza Diani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-08


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar, aktivitas, dan hasil belajar pada siswa yang disebabkan oleh kurangnya variasi model pembelajaran yang menyebabkan motivasi belajar siswa rendah, pembelajaran masih bersifat satu arah yang menyebabkan kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan siswa kurang memahami materi pembelajaran yang dijelaskan guru yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation, Number Head Together, dan Make A Match. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan motivasi belajar, aktivitas, dan hasil belajar pada siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas VI SDN 1 Paya jumlah siswa sebanyak 16 orang. Data dianalisis secara kualitatif, yaitu motivasi belajar, aktivitas guru, aktivitas siswa, dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi siswa pada pertemuan I mencapai 43.75% dengan kriteri “Cukup Tinggi” dan pada pertemuan IV mencapai 100.00% dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Aktivitas guru pada pertemuan I mencapai skor 16 dengan kriteria “Cukup Baik” dan pada pertemuan IV mencapai skor 28 dengan kriteria “ Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 50.00% dengan kriteria “Cukup Aktif” dan pada pertemuan IV mencapai 100.00% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 37.50% peserta didik yang “tuntas” dan pertemuan IV mencapai 100.00% siswa “tuntas”. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Group Investigation, Number Head Together, dan Make A Match dapat meningkatkan kualitas motivasi belajar, aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, siswa dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan meningkatkan kualitas motivasi belajar, aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI