DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 11 Banjarmasin
PENGARANG:Muhammad Fery Gumara Setiadi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-09


ABSTRAK

Muhammad Fery Gumara Setiadi. 2021. Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 11 Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd ; (2) Melisa Prawitasari, M.Pd.

 

 

Penelitian ini memiliki latar belakang mengenai penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran sejarah. Pendidikan karakter mempunyai makna yang lebih tinggi dibandingkan dengan pendidikan moral, karena pendidikan karakter tidak hanya sekedar mengajarkan mana yang baik dan mana yang buruk. Pendidikan karakter dirumuskan 18 nilai yang bersumber dari agama, pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional. Tujuan dari penelitian ini ialah, 1) Untuk mengetahui perencanaan pendidikan karakter, 2) untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter, 3) Untuk mengetahui hasil dari penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 11 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumen dan dokumentasi. Pengambilan sumber data dilakukan secara purposive dan snowball.Dalam uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan acuan dari Miles dan Huberman, proses analisis data dimulai dari data reduction, kemudian data display, dan conclusion drawing/verification.

Hasil penilian ini menunjukan bahwa : (1) Perencanaan pendidikan karakter diawali dengan pembuatan RPP. Terdapat beberapa nilai karakter yaitu, disiplin, tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan cinta tanah air, (2) Pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran sejarah berjalan sesuai RPP yang telah dibuat walaupun dalam penerapanya tidak berjalan secara maksimal, (3) Hasil dari penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran sejarah berjalan baik, dilihat dari sikap peserta didik yang sesuai dengan indikator nilai karakter disiplin, tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan cinta tanah air.

 Simpulan dari penelitian ini adalah dalam penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran sejarah berjalan secara terorganisir, dimulai dengan dibuatnya RPP sebelum pembelajaran dan pelaksanaan penerapan nilai karakter terjalankan sesuai RPP walaupun belum maksimal, tetapi memberikan hasil yang cukup memuaskan.

 

Kata Kunci: Pendidikan karakter, pembelajaran sejarah, SMAN 11 Banjarmasin.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI