DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MATERI AJAR ELEKTRONIK MATERI IMPULS DAN MOMENTUM LINEAR UNTUK MELATIH LITERASI NUMERASI
PENGARANG:ALISYA RIZKA MILENIA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-09


Salah satu keterampilan abad 21 yang harus dikuaasi oleh peserta didik adalah literasi numerasi, namun pembelajaran di SMAN 1 Banjarmasin masih belum menyediakan materi ajar elektronik fisika yang mampu melatih literasi numerasi peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan materi ajar elektronik materi impuls dan momentum linear sehingga layak digunakan untuk melatih literasi numerasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan uji coba penelitian menggunakan post-test only control group design pada peserta didik kelas X SMAN 1 Banjarmasin. Data dikumpulkan menggunakan instrumen validasi materi ajar elektronik, angket respon peserta didik, dan tes literasi numerasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) materi ajar elektronik termasuk valid dengan nilai 3,58 dengan kategori sangat valid, (2) materi ajar elektronik termasuk praktis karena memperoleh nilai 2,89 dengan kategori praktis, (3) materi ajar elektronik termasuk efektif karena berdasarkan uji t nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, materi ajar elektronik yang dikembangkan adalah layak digunakan untuk melatih literasi numerasi peserta didik.

Kata kunci: impuls dan momentum linear, literasi numerasi, materi ajar elektronik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI