DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Formulasi dan Evaluasi Sediaan Masker Gel Peel-Off dari Kandungan Ekstrak Etanol 96% Daun Talas (Colocasia esculenta L.) dengan Variasi Konsentrasi Basis Carbopol
PENGARANG:Hanna Nurindah Pandiangan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-09


FORMULASI DAN EVALUASI SEDIAAN MASKER GEL PEEL-OFF DARI KANDUNGAN EKSTRAK ETANOL 96% DAUN TALAS (Colocasia esculenta L.) DENGAN VARIASI KONSENTRASI BASIS CARBOPOL (Oleh: Hanna Nurindah Pandiangan; Pembimbing: Destria Indah Sari, Dina Rahmawanty; 2022; 31 Halaman)

 

Daun talas (Colocasia esculenta L.)merupakan salah satutumbuhan yang tumbuh di Indonesia dan memiliki kandungan metabolit sekunder seperti flavonoid, tanin dan vitamin C yang berperan dalam mencegah penuaan dini. Daun talas dapat dijadikan sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel kulit di tubuh. Ekstrak daun talas diekstraksi dengan metode maserasi dan diformulasikan menjadi sediaan masker gel peel-off dengan menggunakan carbopol sebagai gelling agent. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi carbopol terhadap karakteristik fisik dari masker gel peel-off ekstrak daun talas. Variasi konsentrasi carbopol yang digunakan yaitu formula 1 (0,5%), formula 2 (1%) dan formula 3 (1,3%). Evaluasi fisik yang dilakukan yaitu uji organoleptis, pH, viskositas, daya sebar, daya lekat, dan waktu kering. Hasil yang didapat yaitu masker gel peel-off memiliki warna cokelat kehitaman, aroma khas sakura, konsistensi dari kental hingga sangat kental, nilai pH antara 6,32-7,20, nilai viskositas antara 26.000-70.000 cPs, daya sebar antara 5,01-6,38 cm, rentang daya lekat antara 13,45-36,71 detik dan waktu kering antara 20,25-28,30 menit. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu variasi konsentrasi carbopol berpengaruh terhadap uji organoleptis (warna dan konsistensi), pH, viskositas, daya sebar, daya lekat, dan waktu kering sediaan.

 

Kata kunci: Ekstrak daun talas, masker gel peel-off, carbopol, evaluasi fisik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI