DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (BCCT) DAN ROLE PLAYING DENGAN MEDIA BAHAN ALAM PADA KELOMPOK B DI TK NEGERI 3 ALALAK BARITO KUALA
PENGARANG:Lisa Mahfuziah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-09


Mahfuziah, Lisa. 2022. “Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional  Menggunakan Kombinasi Model Beyond Center And Circle Time (BCCT) dan Role Playingdengan Media Bahan Alam pada Kelompok B di TK Negeri 3 Alalak Barito Kuala”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas, Sosial Emosional, Model Beyond Center And Circle Time (BCCT) dan Role Playing dengan Media Bahan Alam.

Dari seluruh anak hanya sebagian kecil anak yang sudah mampu menunjukkan kemampuan sosial emosional dalam berinteraksi sosial dengan teman yang lain mengakibatkan rendahnya sosialisasi yang terjadi pada anak pada materi mengembangkan interaksi sosial dengan teman pada anak kelompok B TK Negeri 3 Alalak Barito Kuala. Upaya untuk mengembangkan sikap kooperatif dengan teman yaitu melalui kombinasi model Beyond Center And Circle Time (BCCT) dan Role Playing dengan media bahan alam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil capaian perkembangan anak dalam berinteraksi sosial dengan teman.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Negeri 3 Alalak Barito Kuala berjumlah 20 orang anak. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan anak. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang di jabarkan dengan tabulasi dan grafik di sajikan dengan indikator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru berada pada kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak menunjukkan peningkatan mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Sedangkan hasil capaian perkembangan anak mencapai kriteria “Berkembang Sangat Baik”.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kombinasi model Beyond Center And Circle Time (BCCT) dan Role Playing dengan media bahan alam dapat meningkatkan aktivitas dan hasil capaian perkembangan anak. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar yang berdampak pada peningkatan hasil capaian perkembangan anak dalam berinteraksi sosial dengan teman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI