DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS KEGIATAN MENDONGENG UNTUK MENINGKATKAN MINAT LITERASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS USIA DINI DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:Winda Maulida Lestari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-09


Permasalahan pada penelitian ini didasari oleh rendahnya minat literasi masyarakat salah satu permasalahan yang sedang terjadi dalam dunia pendidikan indonesia sekarang ini. Penting bagi kita untuk menanamkan literasi kepada anak sejak dini Seperti yang kita ketahui anak-anak usia dini sekarang lebih gemar bermainhandphonedari padamembaca atau menulisbuku. Hal tersebut yang menyebabkan minatliterasi membacadanmenulis anak menurun. Dengan demikian pengembangliterasidasar dalam meningkatkanminatbaca dan tulis padaanak bisadilakukan dengan berbagai macam kegiatan, yaitu salah satumembacakandongeng kepada anak, membuat waktu membaca dann menuliskepada anak, dan lain-lain. Sehingga peneliti dengan menggunakanmetodekegiatan mendongeng untuk meningkatkanminatliterasi anak usia dini di Dinas PerpustakaandanKearsipan Daerah Kabupaten Tanah Laut.

Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatankuantitatif dengan jenis penelitian.QuasiEksperimentalDesign. Desainpenelitian yang digunakan yaitu metodepre-experimental tipe onegrouppretest-posttestDesign. Subjek penelitian merupakan anak yag diidentifikasi mengalami kesulitanmembacapermulaan berjumlah 3 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan teknikobservasidandokumentasi. Uji validitasinstrumen penelitian dilakukan dengan tablecheck-list yang berhubungan dengan minatliterasianakusia dini. Teknikanalisis data menggunakan analisisdeskriptif yang diperoleh dari hasil meanpretest danpostest anak menggunakan instrumenpenilaianobservasiminatliterasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Pretest adalah 20,4 sedangkan rata-rata nilai Posttest adalah 32,11. Kemudian didapat nilai posttest lebihbesarpada nilaipretest. Kesimpulannya, metode kegiatan mendongengefektif untukmeningkatkan minatliterasi anak berkebutuhankhusus usia dini di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tanah Laut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI