DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BENTUK PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM, TOGETHER, DAN HORAY DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:RAHMI ANA MUSLIKHAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-09


ABSTRAK

Muslikhah, Rahmi Ana. 2022. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Bentuk Pecahan Menggunakan Model Problem, Together, dan Horay di Sekolah Dasar Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Pecahan, Problem Based Learning, Number Heads Together, Course Review Horay

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran matematika materi bentuk pecahan. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran masih abstrak dan peserta didik kurang serius saat proses pembelajaran berlangsung, pembelajaran hanya di dominasi oleh pendidik, peserta didik tidak dituntut berpikir kritis, dan pembelajaran tidak diselingi dengan kegiatan yang menyenangkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning kombinasi Number Heads Together dan Course Review Horay dengan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik pada materi bentuk pecahan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah siswa kelas IV semester genap SDN Ringkit Tanah Bumbu tahun ajaran 2021/2022, dengan jumlah peserta didik 28 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas pendidik dan peserta didik, serta tes hasil belajar peserta didik. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini ialah aktivitas pendidik mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas peserta didik mencapai kriteria “Aktif” atau “Sangat Aktif”, dan peserta didik mencapai nilai ≥65 untuk ketuntasan individu dan mencapai ≥80% secara klasikal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan pertama mencapai kriteria “Baik”, pertemuakedua kriteria “Baik”, pertemuan ketiga kriteria “Sangat Baik”, dan pada pertemuan keempat kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik pada pertemuan pertama kriteria “Cukup Aktif”, pertemuan kedua kriteria “Aktif”, pertemuan ketiga kriteria “Aktif” dan pertemuan keempat kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar peserta didik pertemuan pertama belum mencapai ketuntasan klasikal, pertemuan kedua belum mencapai ketuntasan klasikal, pertemuan ketiga belum mencapai ketuntasan klasikal, dan pertemuan keempat sudah mencapai ketuntasan klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan model pembelajaran Problem Based Learning kombinasi Number Heads Together dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi bentuk pecahan peserta didik kelas IV SDN Ringkit Tanah Bumbu. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif pendidik untuk memperbaiki pembelajaran matematika materi bentuk pecahan atau pada pembelajaran yang lain guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI