DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL PROJECT EXAMPLES TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DI SEKOLAH DASAR KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Muhammad Fahmi Arif
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-09


Arif, Muhammad Fahmi. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Bangun Datar Menggunakan Model Pembelajaran Project Examples Team Assisted Individualization. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil belajar, Bangun Datar, Project Based Learning, Examples Non Examples, Teams Assisted Individualization

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi bangun datar. Hal ini dikarenakan siswa sulit memahami konsep materi, tidak aktif dan kurang antusias dalam proses pembelajaran yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang abstrak dan berpusat pada pendidikan, penyampaian materi pembelajaran yang tidak didukung oleh media pembelajaran yang konkrit, dan pembelajaran yang kurang terarah. tidak diselingi dengan kegiatan yang menyenangkan. Oleh karena itu dilakukan upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan model Project Based Learning yang dipadukan dengan Example Non Example dan Teams Assisted Individualization. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setting penelitian adalah kelas IV SDN Basirih 5 Banjarmasin  tahun 2021/2022, dengan jumlah 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah peserta didik dapat mencapai nilai ≥65 untuk ketuntasan individu dan dapat mencapai 80% peserta didik secara ketuntasan klasikal, serta aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai kriteria “Sangat Aktif”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan pertama memperoleh kriteria “Cukup Baik”, pertemuan kedua kriteria “Baik”, pertemuan ketiga kriteria “Sangat Baik” Pertemuan keempat kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik pertemuan pertama memperoleh kriteria “Cukup Aktif”, pertemuan kedua kriteria “Aktif”,pertemuan ketiga kriteria “Sangat Aktif”, dan Pertemuan keempat kriteria “Sangat Aktif” . Hasil belajar peserta didik pada pertemuan pertama belum mencapai ketuntasan klasikal, pertemuan kedua juga masih belum mencapai ketuntasan klasikal, pertemuan ketigasudah mencapai ketuntasan klasikal, dan Pertemuan keempat sudah mencapaiketuntasan klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan model pembelajaran Project Based Learning kombinasi dengan Examples Non Examplesdan Teams Assisted Individualizationdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi bangun datar peserta didik kelas IV SDNBasirih 5 Banjarmasin. Saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternatif pendidik untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI