DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN MATEMATIKA BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL APIK PADA SISWA KELAS IV SDN 018 LONG IKIS
PENGARANG:MUHAMMAD IRFAN UTAMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-10


ABSTRAK

Utama, Muhammad Irfan. 2022. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Muatan Matematika Bangun Datar Menggunakan Model APIK pada Siswa Kelas IV SDN 018 Long Ikis. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Novitawati, S.Psi, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model APIK.

            Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN 018 Long Ikis dikarenakan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru kurang bermakna dan terlalu konvensianal sehingga siswa kurang memahami konsep pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model APIK (Make A Match, Problem Based Learning, Saintifik).  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar di kelas IV SDN 018 Long Ikis.

            Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN 018 Long Ikis dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase yang dihitung berdasarkan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan I memperoleh skor 25 dengan kriteria baik. Pada pertemuan II mencapai skor 28 dengan kriteria baik. Pada pertemuan III mencapai skor 31 dengan kriteria sangat baik, dan Pada pertemuan IV mencapai skor 34 dengan kriteria sangat baik. Aktiivitas siswa pada pertemuan I aktivitas siswa mencapai 41,66% dengan kriteria kurang aktif. Pada pertemuan II meningkat menjadi 66,66% dengan kriteria aktif. Pada pertemuan III meningkat menjadi 75% dengan kriteria aktif, dan Pada pertemuan IV meningkat menjadi 91,66% dengan kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 41,66%, meningkat pada pertemuan II mencapai 58,33%, meningkat pada pertemuan III mencapai 75%, dan pada pertemuan IV meningkat lagi mencapai 91,66%.

            Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran APIK dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar di kelas IV SDN 018 Long Ikis dan hipotesis dapat diterima. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI