DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kepercayaan Pedagang Warung Makan Terhadap Air Penglaris Di Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin
PENGARANG:AFRILIYA ZUMROTUN NISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-10


 

 

ABSTRAK

Afriliya Zumrotun Nisa, 2022. Kepercayaan Pedagang Warung Makan Terhadap Air Penglaris Di Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Skripsi  Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Yuli Apriati (II) Reski P.

 

Kata Kunci: Air Penglaris, Cara mendapatkan dan Menggunakan

 

              Air merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia sehari-hari karena dengan adanya air manusia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya seperti minum, mencuci, mandi lain sebagainya. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga saja, akan tetapi memiliki fungsi yang lainnya yaitu air juga bisa digunakan untuk penglaris dagangan. Terdapat perlakuan unik yang dilakukan pedagang warung makan di Kelurahan Teluk Dalam Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin dalam menggunakan air penglaris yaitu air dipercikkan ke sudut area warung. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui gambaran kepercayaan air penglaris (2) untuk mendeskripsikan cara mendapatkan dan menggunakan air penglaris.

                             Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sumber data yang dipilih secara purposive. Adapun kriteria informan yang telah ditentukan oleh peneliti adalah pedagang warung makan yang menggunakan air penglaris lebih dari 5 tahun yakni memiliki pengalaman serta informasi tentang penggunaan air penglaris secara lebih dalam. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data  yaitu: meningkatkan ketekunan peneliti, melakukan trianggulasi dan menggunakan bahan referensi. .

             Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran kepercayaan pedagang warung makan terhadap air penglaris ada tiga yaitu (a)  Dipercaya meningkatkan jumlah pembeli (b) kepercayaan turun temurun dari keluarga (c) mempunyai prasangka dagangan akan kembali tidak laris, jika tidak menggunakan penglaris. (2) Cara mendapatkan dan menggunakan air penglaris diantaranya: (2.1) Cara mendapatkan air penglaris yaitu: (a) merupakan rekomendasi teman sesama pedagang (b) merupakan rekomendasi dari keluarga. (2.2) Cara menggunakan air penglaris yaitu (a) air penglaris dipercikkan ke sudut warung (b) air penglaris dicampurkan ke tempat minum pembeli. Air penglaris adalah air yang sudah didoakan dan memiliki manfaat untuk menglariskan dagangan.

              Berdasarkan hasil penelitian, ini dapat disarankan kepada: (1) bagi mahasiswa agar lebih mudah melakukan pengembangan teori penelitian yang berkaitan dengan kepercayaan. (2) bagi masyarakat agar tidak salah menilai sehingga terjadi kesalahpahaman tentang budaya dan kepercayaan yang ada  masyarakat. (3) bagi pedagang yang mempercayai air penglaris agar menjaga kebudayaanya, karena merupakan salah satu tradisi turun temurun dari orangtua.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI