DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FENOMENA PENAMBANG EMAS TANPA IZIN (ILEGAL) DI DESA BINAWARA KECAMATAN KUSAN HULU KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:NURUL HASNAH MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-10


 

ABSTRAK

Pekerjaan sangat dibutuhkan makhluk sosial dalam memenuhi kehidupan di dalam masyarakat. Berbagai jenis pekerjaan mereka lakukan, tidak menutup kemungkinan mereka juga melakukan pekerjaan sebagai penambang emas. Tetapi pada masyarakat di Desa Binawara ini mereka melakukan pekerjaan tersebut  secara ilegal.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) Menemukan pembagian kerja dalam pekerjaan tambang emas tanpa izin (ilegal); (2) Menemukan pembagian pendapatan dalam pekerjaan tambang emas tanpa izin (ilegal); (3) Menemukan dampak yang ditimbulkan dari pekerjaan tambang emas tanpa izin (ilegal) bagi kondisi sosial ekonomi di masyarakat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu dengan teknik purposive sampling dan informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu dengan cara mereduksi data, prnyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pembagian tugas-tugas dalam pekerjaan pertambangan emas ilegal ini ada yang di lakukan dengan cara membaginya secara apa yang di kuasai oleh setiap pekerja, tetapi ada juga yang tidak mengadakan pembagian dalam melakukan pekerjaan tersebut yang dalam artian memerlukan kerjasama tim. (2) Pembagian pendapatan pada pekerjaan ini di bagi berdasarkan berapa jumlah para pekerja. Hasil yang didapat di kurang dengan biaya operasionalnya (minyak) terlebih dahulu, baru kemudian sisanya di bagi ke para pekerja dan mesin dengan rata. (3) Pekerjaan ini memiliki dampak yang beragam baik itu besifat positif mauun negatif bagi kondisi sosial ekonomi di masyarakat. a) Dampak sosial dapat dilihat dari segi dimana pekerjaan ini selalu memberi peluang bagi orang-orang yang ingin bekerja. b) Dampak ekonominya adalah dapa terlihat di dalam keluarga maupun di masyarakat yang sangat mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan ekonominya.

            Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat di sarankan (1) untuk pemillik mesin atau bos untuk selalau besikap adil dalam membagi pekerjaan maupun membagi pendapatan. (2) untuk peneliti, di harapkan agar dapat di jadikan sebagai bahan perbandingan untuk penelitian selanjutnya, terlebih lagi bagi kajian mengenai sosiologi ekonomi. (3) untuk pemerintah diharapkan dapat melakukan tindakan terhadap masalah mengenai penambangan tanpa izin yang sering kali merusak lingkungan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI