DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KONSENTRASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PBL DAN THINK, PAIR AND SHARE DENGAN PENDEKATAN PROSES KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SDN-SN KARANG MEKAR 1 BANJARMASIN
PENGARANG:SARI RAHIMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-10


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, konsentrasi dan hasil belajar siswa yang disebabkan karena siswa kurang berperan aktif dalam belajar dan adanya gangguan fokus belajar. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas,  konsentrasi dan hasil belajar siswa yakni dengan menggunakan kombinasi model PBL dan Think, Pair and Share dengan pendekatan proses kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, meningkatkan aktivitas, konsentrasi dan hasil belajar siswa. 

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV SDN-SN Karang Mekar 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2021/2022 dengan siswa sejumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan tes. Adapun hasil observasi dilaksanakan secara kualitatif diperoleh dari aktivitas guru, siswa serta konsentrasi belajar. Dan hasil tes dilaksanakan secara kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa secara individu. 

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru semula 33 pada pertemuan 1  menjadi 40 pada pertemuan 4. Aktivitas siswa dengan kriteria Sangat Aktif meningkat semula dengan persentase 6,70% menjadi 80% pada pertemuan IV. Konsentrasi siswa meningkat yang semula 13,3% dan pada pertemuan IV dengan persentase 100% siswa mencapai kriteria Sangat Tinggi dan Tinggi. Dan peningkatan pada hasil belajar yang semula 26,7% siswa mencapai ketuntasan menjadi 86,7% siswa mencapai ketuntasan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model PBL dan Think, Pair and Share dengan pendekatan Proses Kelompok mampu meningkatkan aktivitas siswa, konsentrasi dan hasil belajar siswa. Disarankan agar hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi guru dalam memilih model pembelajaran inovatif, bagi kepala sekolah dapat menjadi salah satu materi dalam melaksanakan supervisi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas, konsentrasi dan hasil belajar siswa dan bagi peneliti lain dapat menjadi salah satu referensi dalam melaksanakan penelitian selanjutnya. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI