DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL GENIUS LEARNING, JIGSAW, DAN NUMBER HEAD TOGETHER SISWA KELAS V SDN TAMBARANGAN 3 KABUPATEN TAPIN
PENGARANG:SALMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-10


Salma.2022. ”Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Bangun Ruang Menggunakan Model Genius Learning, Jigsaw, dan Number Head Together Siswa Kelas V SDN Tambarangan 3 Kabupaten Tapin”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Drs. H. Khairil Anwar, M.Pd.   

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil belajar, Matematika, Volume Bangun Ruang, Model Genius Learning, Model Jigsaw, Model Number Head Together, Sekolah Dasar   

Pada era globalisasi abad 21, sumber daya manusia harus memiliki sikap 4C yaitu critical, creative, colaboratif, dan communication. agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman. Khususnya pada mata pelajaran matematika, sikap 4C menjadi aspek penting dalam pemecahan masalah. Tapi pada kenyataannya pembelajaran matematika di sekolah dasar, khususnya di SDN Tambarangan 3 Kabupaten Tapin memiliki masalah pada rendahnya aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dan tanya jawab di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbaikan aktivitas guru, menganalisis peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Genius Learning, Jigsaw, dan Number Head Together pada materi volume bangun ruang kubus dan balok.  Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 4 kali pertemuan di kelas V SDN Tambarangan 3 Kabupaten Tapin dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi pada aktivitas guru dan aktivitas siswa.  Sedangkan, data kuantitatif yang diperoleh melalui pengumpulan data menggunakan instrumen soal dan dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interprestasi dengan persentase.  Hasil penelitian selama 4 pertemuan menunjukkan bahwa kualitas aktivitas guru meningkat dari persentase 77% - 100%. Aktivitas siswa meningkat dengan ketuntasan klasikal dari persentase 25% - 90%. Dan hasil belajar secara klasikal meningkat dari 50% - 95%.  Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal. Disarankan dengan penggunaan model pembelajaran Genius Learning, Jigsaw, dan Number Head Together tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI