DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR DALAM MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL CONTENT THE DARE PADA SISWA KELAS V SDN ALALAK UTARA 2
PENGARANG:AULA RAHMA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-10


Putri, Aula Rahma. 2022. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Dalam Muatan IPS Menggunakan Model Content The Dare Pada Siswa Kelas V SDN Alalak Utara 2. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci : Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Content The Dare.

Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model Content The Dare dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. 

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitaif, jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas V SDN Alalak Utara 2 dengan siswa yang berjumlah16 orang. Jenis data adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif yaitu, aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa serta secara kuantitatif yaitu hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai 72% dengan kriteria “Baik” meningkat pada pertemuan IV menjadi 100% dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 38% dengan kriteria “Kurang Aktif” dan meningkat pada pertemuan IV mencapai 94% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Keterampilan Berpikir Kritis siswa pada pertemuan I mencapai 38% dengan kriteria “Kurang Kritis” dan meningkat pada pertemuan IV menjadi 94% dengan kriteria “Sangat Kritis”. Untuk hasil belajar siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal 50% meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 100%.

Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Content The Dare dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa. Untuk itu disarankan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI