DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL LEARNING, STUDENT, DAN TOURNAMENT DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN TAPIN
PENGARANG:AANISAH ULFA RAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-10


Rahmi, Aanisah Ulfa. 2022.Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Perkalian dan Pembagian Pecahan Menggunakan Model Learning, Student, dan Tournament di Sekolah Dasar Kabupaten Tapin”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Perkalian dan Pembagian Pecahan, Discovery Learning, Student Fasilitator and Explaining, Teams Games Tournament.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik sulit memahami konsep materi, kurang mampu berpikir kritis, tidak aktif dan kurang antusias dalam proses pembelajaran yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang menarik dan berpusat kepada pendidik, penyampaian materi pembelajaran tidak didukung dengan media pembelajaran yang konkret, kurang menuntut peserta didik berpikir kritis, dan pembelajaran tidak diselingi dengan kegiatan menyenangkan. Oleh karena itu, dilakukan upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dikombinasikan dengan Student Fasilitator and Explaining dan Teams Games Tournament. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif, Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 pertemuan. Setting penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Pematang Karangan Hilir 1 tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 14 orang. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah Peserta didik dapat mencapai nilai ≥65 untuk ketuntasan individu dan dapat mencapai 80% peserta didik secara ketuntasan klasikal, serta aktivitas pendidik mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas peserta mencapai kriteria “Hampir Seluruhnya Aktif”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan pertama pendidik mendapatkan kriteria baik, pertemuan kedua kriteria baik, dan pada pertemuan ketiga dengan kriteria sangat baik. Pertemuan pertama peserta didik belum mencapai ketuntasan klasikal, pertemuan kedua belum mencapai ketuntasan klasikal, dan pertemuan ketiga peserta didik mencapai ketuntasan klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dikombinasikan dengan Student Fasilitator and Explaining dan Teams Games Tournament pada materi perkalian dan pembagian pecahan maupun pada materi lain aktivitas pendidik dapat terlaksana dengan baik, aktivitas peserta didik meningkat, dan hasil belajar peserta didik meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI