DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMPETENSI APARATUR PEMERINTAH, PARTISIPASI MASYARAKAT, SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH (SPIP) DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN SKPD KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:ERLIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-10


Erliyanti (2022). Pengaruh Kompetensi Aparatur Pemerintah, Partisipasi Masyarakat, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Good Governance dalam Pengelolaan Keuangan SKPD Kabupaten Balangan. Pembimbing I : Dr. Rahma Yuliani, SE, Ak. Pembimbing II : Hamdani, SE, M.Si, Ak., CA.

Pelaksanaan good governance sangat penting sehingga ada beberapa variabel yang mempunyai pengaruh kuat terhadap good governance. Penelitian ini menguji pengaruh (1) kompetensi aparatur pemerintah terhadap good governance dalam pengelolaan keuangan SKPD Kabupaten Balangan, (2) partisipasi masyarakat terhadap good governance dalam pengelolaan keuangan SKPD Kabupaten Balangan, (3) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terhadap good governance dalam pengelolaan keuangan SKPD Kabupaten Balangan, (4) gaya Kepemimpinan terhadap good governance dalam pengelolaan keuangan SKPD Kabupaten Balangan.

Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai bidang keuangan pada 41 SKPD di Kabupaten Balangan dan auditor Kabupaten Balangan yang berjumlah 287 orang. Sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 138 orang yaitu 123 orang dari 3 responden pada masing-masing SKPD dan untuk auditor berjumlah 15 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan angket (kuesioner). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan SPSS.

Hasil penelitian membuktikan bahwa kompetensi aparatur pemerintah, partisipasi masyarakat, sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) berpengaruh signifikan terhadap good governance dalam pengelolaan keuangan SKPD Kabupaten Balangan. Sedangkan gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap good governance dalam pengelolaan keuangan SKPD Kabupaten Balangan.

Kata Kunci: kompetensi Aparatur Pemerintah, Partisipasi Masyarakat, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Gaya Kepemimpinan, Good Governance. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI