DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERUBAHAN BEBERAPA SIFAT KIMIA TANAH ULTISOL PADA LAHAN APLIKASI LIMBAH CAIR PABRIK KELAPA SAWIT MILIK PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XIII PELAIHARI
PENGARANG:PUTERI KUSUMAWATI
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-08-16


PUTERI KUSUMAWATI. Perubahan Beberapa Sifat Kimia Tanah Ultisol pada Lahan Aplikasi Limbah Cair Kelapa Sawit Milik PT. Perkebunan Nusantara XIII Pelaihari di bawah bimbingan Muhammad Syarbini dan Arief Rakhmad Budi Darmawan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan beberapa sifat kimia tanah pada tanah Ultisol kelapa sawit yang telah diaplikasikan limbah cair pabrik kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017 hingga bulan Januari 2018 di areal perkebunan kelapa sawit PT. Perkebunan Nusantara XIII Pelaihari serta di Laboratorium Fisika Kimia Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan laboratorium dengan uji beda nilai tengah menggunakan t-berpasangan.
Pengamatan yang dilakukan meliputi pH tanah, kandungan N total, P tersedia, K tersedia, C organik dan kapasitas tukar kation.
Hasil penelitian menunjukan pengaplikasian limbah cair kelapa sawit mampu memberikan perubahan yang nyata pada beberapa parameter sifat kimia tanah diantaranya meningkatkan pH tanah, P tersedia tanah dan KTK tanah. Sementara itu pemberian limbah cair tidak berpengaruh nyata terhadap kandungan K tersedia tanah. Kandungan N total dan C-organik tanah mengalami penurunan nilai kandungan yang disebabkan oleh rasio C/N yang tinggi yang selanjutnya mengakibatkan proses dekomposisi berjalan lambat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI