DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI KEBERAGAMAN EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL GROW UP TOGETHER DI KELAS IV SDN 1 MURUNG B
PENGARANG:Nisa Aprida
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-11


ABSTRAK

 

Aprida, Nisa (2022)“Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada materi Keberagaman Ekonomi menggunakan model Grow Up Together di kelas IV SDN 1 Murung B”. SkripsiProgramPendidikanGuruSekolahDasar.FakultasKeguruandanIlmuPendidikan.UniversitasLambungMangkuratBanjarmasin.PembimbingIbu Dr. Noorhapizah, ST, M.Pd.

 

KataKunci:AktivitasBelajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Model Grow Up Together.

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnyaaktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar. Hal ini dikarenakan siswa kurang menyukai hapalan-hapalan pada mata pelajaran IPS, tidak mampu berpikir logis dan kritis, terlalu asik bermain dikelas, kurang mampu berkomunikasi dan bekerjasama secara baik. Salahsatuupayameningkatkanaktivitassiswayaitumelaluimodel Grow Up Together pada penelitian tindakan kelas di SDN 1 Murung B. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis, sertameningkatkanhasil belajarsiswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatifdengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tigakali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN1 Murung Btahunpelajaran2021/2022,denganjumlahsiswasebanyak8 siswa terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperolehmelalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melaluiteknikpengukurandengantestertulissecaraindividu.Analisisdatadihitungberdasarkanskalapersentasedanindikatorketuntasanbelajaryangditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1mencapaikriteriacukup baik,pertemuan2mencapaikriteriabaik,dan pertemuan3mencapai sangat baik. Aktivitassiswapadapertemuan1mencapaikriteriasebagiankurangaktif,pertemuan2mencapai kriteria aktif, dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa padapada pertemuan 1 mencapai 50%, pertemuan 2 mencapai 62.50%, dan pertemuan 3mencapai87.50%. Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan 1 mencapai 37.50%, pertemuan 2 mencapai 62.50%, dan pertemuan 3 mencapai 87.50%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Grow Up Together dapat meningkatkan aktivitasbelajar dan keterampilan berpikir kritis materi Keberagaman Ekonomi menggunakan model Grow Up Together pada kelas IV SDN 1 Murung Bdan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lainsebagaibahanpertimbangandalam pemilihanmodelpembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI