DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW, INQUIRY, DAN MAKE A MATCH SISWA KELAS V SDN SUNGAI MIAI 8 BANJARMASIN
PENGARANG:DINA RIZKIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-11


ABSTRAK

Rizkia, Dina. 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi

Volume Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran

Jigsaw, Inquiry, dan Make A Match Siswa Kelas V SDN Sungai Miai 8

Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat

Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Khairil Anwar M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Model Jigsaw, Inquiry, dan Make A Match.

Permasalahan yang terjadi di SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin yaitu

rendahnya hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang, dimana siswa

masih kurang berpartisipasi, dan cenderung pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah

untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta menganalisis hasil

belajar siswa di kelas 5 SDN Sungai Miai 8. Salah satu upaya meningkatkan

pembelajaran yaitu melalui kombinasi model pembelajaran Jigsaw, Inquiry, dan

Make A Match.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan

pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK),

yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas

V semester genap SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022, jumlah

siswa sebanyak 19 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan

kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta data kuantitatif

diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis

data dalam penelitian ini dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam

bentuk tabel dan grafik di interprestasi dengan persentase dan indikator ketuntasan

hasil belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I sampai

siklus II meningkat dari 31 dengan kriteria baik hingga 37 dengan kriteria sangat

baik. Aktivitas siswa pada siklus I sampai siklus II meningkat dari 42,11 hingga

94,73%. Hasil belajar aspek kognitif dari 31,58% hingga 100%. Dengan demikian

model Jigsaw, Inquiry, dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas guru,

aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model

Pembelajaran Jigsaw, Inquiry, dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas

dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu

alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan

hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI