DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW, INQUIRY, DAN MAKE A MATCH SISWA KELAS V SDN SUNGAI MIAI 8 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | DINA RIZKIA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-08-11 |
ABSTRAK
Rizkia, Dina. 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi
Volume Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran
Jigsaw, Inquiry, dan Make A Match Siswa Kelas V SDN Sungai Miai 8
Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Khairil Anwar M.Pd.
Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Model Jigsaw, Inquiry, dan Make A Match.
Permasalahan yang terjadi di SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin yaitu
rendahnya hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang, dimana siswa
masih kurang berpartisipasi, dan cenderung pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta menganalisis hasil
belajar siswa di kelas 5 SDN Sungai Miai 8. Salah satu upaya meningkatkan
pembelajaran yaitu melalui kombinasi model pembelajaran Jigsaw, Inquiry, dan
Make A Match.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan
pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas
V semester genap SDN Sungai Miai 8 Banjarmasin tahun ajaran 2021/2022, jumlah
siswa sebanyak 19 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan
kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa serta data kuantitatif
diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis
data dalam penelitian ini dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam
bentuk tabel dan grafik di interprestasi dengan persentase dan indikator ketuntasan
hasil belajar yang ditetapkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I sampai
siklus II meningkat dari 31 dengan kriteria baik hingga 37 dengan kriteria sangat
baik. Aktivitas siswa pada siklus I sampai siklus II meningkat dari 42,11 hingga
94,73%. Hasil belajar aspek kognitif dari 31,58% hingga 100%. Dengan demikian
model Jigsaw, Inquiry, dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas guru,
aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model
Pembelajaran Jigsaw, Inquiry, dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu
alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan
hasil belajar siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI