DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kebertahanan Usaha Kue Tradisional Rumahan Di Jalan Perintis II RT 18 RW 06 Kelurahan Pelaihari
PENGARANG:YULIA RAHMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-11


ABSTRAK

 

Yulia Rahma, 2022. Kebertahanan Usaha Kue Tradisional Rumahan Jalan Perintis II RT 18 RW 06 Kelurahan Pelaihari. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Sigit Ruswinarsih, Pembimbing (II) Reski P.

 

Kata Kunci: Kebertahanan, Kue Tradisional, Upaya Pemeliharaan, Upaya Pengembangan.

 

Kebertahanan usaha kue tradisional tidak hanya dapat membantu memenuhi perekonomian masyarakat namun dapat juga membuat bertahannya sebuah kebudayaan yang ada didalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan upaya pelaku usaha dalam melakukan pemeliharaan terhadap usaha kue tradisional. (2) mendeskripsikan upaya pelaku usaha kue tradisional dalam melakukan pengembangan produk.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data ditentukan secara prosedur purposive. Informan pada penelitian ini berjumlah 5 orang. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan analisis kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Upaya pelaku usaha dalam melakukan pemeliharaan usaha kue tradisional terbagi menjadi dua. Pertama, dengan cara membelajarkan usaha warisan usaha keluarga. Kedua, menjaga kebiasaan keluarga dengan cara tetap menjalankan usaha kue tradisional tersebut. (2) Upaya pelaku usaha dalam melakukan pengembangan usaha kue tradisional terbagi menjadi dua. Pertama, melakukan modifikasi cita rasa. Kedua, melakukan modifikasi porsi. Ketiga, melakukan pengemasan.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada: (1) Untuk Pelaku Usaha Kue Tradisional, diharapkan pelaku usaha kue tradisional terus memberikan rasa nyaman kepada pembeli agar dapat menjaga kebertahanan usaha kue tradisional ini sampai pada masa yang akan datang, serta menyusun pembukuan agar pelaku usaha dapat mengetahui segala transaksi keuangan dalam menjalankan usaha. (2) Untuk Pemerintah, khususnya Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan KAB. Tanah Laut agar lebih memperhatikan kepada UKM (usaha kecil dan menengah) dari masyarakat seperti usaha kue tradisional untuk memberi pelatihan kepada pelaku usaha agar usaha kue tradisional ini dapat berkembang.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI