DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL SIGAP PADA MUATAN IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA BAGI SISWA KELAS V SDN HANDIL BANYIUR 2
PENGARANG:Fitria Kumala Sari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-11


 

ABSTRAK

Sari, Fitria, Kumala, 2022. Meningkatkan Motivasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Materi Perubahan Wujud Benda Dengan Menggunakan Model Sigap. Skripsi  Program  S1  Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing:
Akhmad Riandy Agusta, M.Pd.

Kata  Kunci:  Motivasi  Belajar, Aktivitas Belajar, SIGAP.

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Haltersebut disebabakan pembelajaran tidak bervariasidan tidak menarik, pembelajaran masihberpusatpadaguru (teacher center)sertasiswa masihsulitmemahamikonsepmateri.Upayauntukmengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaranSIGAPdalampembelajaran.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk meningkatkan kualitas motivasi dan aktivitas belajar siswa.

Penelitian ini  menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas V SDN Handil Banyiur 2  jumlah siswa sebanyak 11 orang. Data dianalisis secara kualitatif, yaitu aktivitas guru, motivasi belajar, aktivitas siswa,  dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa. data dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik dengan persentase pelaksanaan langkah-langkah 100%. Motivasi siswa pada kategori Sangat Tinggi meningkat dari 45,45% dipertemuan I, meningkat menjadi 63,63% dipertemuan II, 81,81% pertemuan II, dan menjadi 100% dipertemuan IV.Aktivitas siswa yang memperoleh kriteria sangat aktif meningkat dari persentase 45,45%, menjadi 54.54%, meningkat menjadi 72,72%, dan menjadi 90,90%.  

vii

v

Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwa penggunaan modelSIGAPdapatmeningkatkankualitasaktivitasguru, motivasibelajar, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.Adapunsaranbagikepalasekolah, guru, siswa danpenelitilainadalahagar penelitianinidapatdijadikan sebagaireferensi dalam menggunakan model pembelajaran yangdapat meningkatkan  meningkatkankualitasaktivitasguru, motivasibelajar, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI