DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:Akhmad Zein Muqarrabin
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-11


ABSTRAK

Muqarrabin, Akhmad Zein. 2022.  Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Cogan Pada Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Fathul Jannah, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Cogan

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, dan hasil belajar siswa materi sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 1 Liang Anggang. Penyebab dari masalah tersebut adalah kurangnya pemahaman siswa, minat yang rendah pada Matematika, dan pembelajaran berpusat pada guru. Solusinya yaitu model Cogan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, dan siswa serta peningkatan hasil belajar menggunakan model Cogan. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 4 pertemuan di kelas V UPTD SD Negeri 1 Liang Anggang yang berjumlah 16 orang siswa. Data dihasilkan dari lembar observasi dan tes hasil belajar. kemudian diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masig indikator keberhasilan aktivitas guru dan siswa serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan terdapat peningkatan, pada pertemuan 1 mendapatkan skor 24 kriteria “Baik”, meningkat menjadi kriteria “Sangat Baik” dengan skor 35 pada pertemuan 4. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 44% dan meningkat pada pertemuan 4 memperoleh 94%.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Cogan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penggunaan model Cogan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI