DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI MULTI SITUS DI MIS DARUSSALAM AWAYAN DAN MIS MIFTAHUL ULUM PUDAK KABUPATEN BALANGAN)
PENGARANG:TAJUDIN NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-11


ABSTRAK

TAJUDIN NOOR 2022. Manajemen Pendidikan Karakter(Studi Multi Situs Pada  MIS Darussalam Awayan dan MIS Miftahul Ulum Pudak Kabupaten Balangan). Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Pembimbing I Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M. Pd., Ph.D dan Pembimbing II Dr. Suhaimi, S.Pd, M.Pd

 

KataKunci:Manajemen,Pendidikan Karakter

 

LatarbelakangpenelitianiniadalahPendidikan karakter sebagai salah satu alternatif dalam dunia pendidikan untuk menjadi jalan keluar dari berbagai masalah moral dan intelektual yang begitu krisis sebagai sarana untuk meningkatkan mutu pendidikan saat ini. Dengan harapan hasil pendidikan nantinya akan dapat menampilkan sikap yang mencerminkan nilai karakter dalam praktik kehidupan.DenganmemanfaatkanmanajemenPendidikan,pembangunankarakterdimadrasahdapatterjadisecara   efektifdanefisien.Makadalammembangunkarakterdimadrasahkunciutamayang      harusdilakukanadalahmenggunakanmanajemenyangefektifdanefisien.Perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaandanpengawasan/evaluasi serta tindak lanjutadalahkunciutamadalammembangunpendidikankarakterdimadrasah.Melaluifungsi–fungsimanajementersebutmakamadrasahdapatmembuatprogram –programyangberkaitandenganpembentukankarakterdimadrasah.Halterpentingdalam membentukkarakteradalahmoralknowing,moralfeeling,danmoralactingditambahdenganhabituasidanketeladanan.Makateciptalahsebuah     kegiatandisekolahyaitu kegiatan Pendidikan yang berkarakter.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif studi multi-situs meliputi: (1) perencanaan dan  pengorganisasian Pendidikan karakter, (2), pelaksanaan pendidikan karakter (3), pengawasan dan evaluasi Pendidikan karakter (4) hambatan dan solusi Pendidikan karakter  Pada  MIS Darussalam Awayan dan MIS Miftahul Ulum Pudak Kabupaten Balangan. Melalui sumber data penelitian: kepala madrasah, guru, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber maupun metode.

Hasil penelitian bahwa manajemen pembentukan karakter dilakukan sesuaidengan fungsi manajemen yang ada serta strategi–strategi pembentukan karakter.Pertama, perencanaan pendidikan karakter dapat dilakukan secara tertulis secara terperinci maupun tidak tertulis tidak terperinci tergantung pada kebiasaan yang berlaku sedangkan Pengorganisasian pendidikan karakter dapat melibatkan seluruh atau sebagian komponen dalam sekolah sesuai keperluan. Kedua,pelaksanaan pendidikan karakter diadakan secara periodik dengan unsur-unsur kebaikan umum atau khusus berdasar pada nilai agama. Ketiga, pengawasan dan evaluasi pendidikan karakter dilakukan dengan cara yang variatif sebagai tolak ukur kebehasilan kegiatan. Keempat, hambatan dan solusi pendidikan karakter di masing-masing madrasah, madrasah melakukan berbagai peningkatan baik secara fisik maupun non fisik.

Saran kepada MIS Darussalam Awayan dan MIS Miftahul Ulum Pudak Kabupaten Balangan agar selalu meningkatkan pendidikan karakter kepada peserta didik, khusus dalam kegiatan sehari-hari di madrasah, karena itu adalah sarana pembiasaan yang akan menumbuhkan karakter siswa. Semua itu adalah daya dorong masyarakat menitipkan anaknya di madrasah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI