DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PEMANFAATAN WAKTU LUANG DILUAR JAM SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI HULU SUNGAI UTARA | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD SYAUQI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-08-11 |
ABSTRAK
Muhammad Syauqi, NIM 1810122110010, 2022. “Pemanfaatan Waktu Luang
Diluar Jam Sekolah Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Negeri
Dikabupaten Hulu Sungai Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Jasmani. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung
Mangkurat. Pembimbing : (I) Dr. Rahmadi, S. Pd., M.Pd, Pembimbing :
(II) Dr. H. Syamsul Arifin, M. Pd.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah meningkatnya budaya kurang
gerak pada peserta didik dan singkatnya waktu luang yang tersisa pada peserta
didik setelah menghabiskan waktu pokoknya untuk bersekolah serta masalah
pengisisan waktu luang kegiatan yang sesuai dengan umur mereka.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktifitas-aktifitas
peserta didik diluar jam sekolah; (2) tingkat aktifitas fisik peserta didik diluar jam
sekolah; (3) gambaran tentang aktifitas peserta didik diluar jam sekolah; (4)
minat peserta didik dalam prestasi hasil dari kegiatan aktifitas untuk mengisi
waktu diluar jam sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif kuantitatif, pengumpulan data
penelitian ini dengan cara menyebarkan angket kepada peserta didik di Sekolah
Menengah Pertama Negeri (SMPN). Jenis metode penelitian ini adalah survey
menggunakn ex-post facto, pengambilan sample dengan Purposev Sampling.
Sample dari penelitian ini adalah peserta didik kelas 7 dan 8 Sekolah Menengah
Pertama Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang berjumlah 23 sekolah
sebanyak 881 peserta didik karena berdasarkan pertimbangan situasi dan kondisi
saat penelitian berlangsung.
Hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan: bahwa tingkat
aktifitas fisik pada kategori tinggi. Dengan jenis kegiatan yang dilakukan peserta
didik yaitu; 1) kegiatan relaksasi yang paling tinggi yaitu membersihkan rumah
dan menonton Tik tok, 2) kegiatan hiburan yang paling tinggi yaitu bermain game
Mobile legend dan Bersepeda, 3) kegiatan pengembangan diri yang paling tinggi
yaitu mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler olahraga dan kesenian. Berdasarkan
minatnya peserta didik ingin berprestasi dibidang olahraga yaitu pada Bulutangkis
dan Sepak bola/Futsal, untuk dibidang kesenian yaitu pada Menyanyi dan
memainkan alat musik.
Kata kunci : Pemanfaatan Waktu Luang Diluar Jam Sekolah Pada Peserta Didik
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI