DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN SEI ALALAK I TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT KELURAHAN ALALAK UTARA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Doni Gunawan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-11


Doni Gunawan, 2022. DampakproyekpembangunanjembatanseialalakTerhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakatKelurahanAlalakUtaraKotaBanjarmasin. Skripsi Program Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II : MuhammadRezkyNoorHandy,M.Pd.

Dampaksosialekonomitidakpernahterlepasdarikehidupanmasyarakat, karena masyarakat selalu melakukan kegiatan dalam upaya kehidupansehari-harinya.Halinidikarenakanadanyaprosesproyekpembangunan  Jembatan Sei Alalak 1. Dampak sosial yang ditimbulkan yaitu terganggunya  kegiatan masyarakat Kelurahan Alalak Utara, seperti kemacetan arus lalulintas,terjadipolusiudara,adanyagetarandariproyekdanpembebasanlahan.Adapun dampak ekonomi yaitu menurunnya pendapatan pedagang pada saat  prosespembangunan Jembatan Sei Alalakd1.

Tujuanpenelitian:1).MendeskripsikanprosesproyekpembangunanJembatanSeiAlalak1diKelurahanAlalakUtara.2).MendeskripsikanDampakProyekPembangunanJembatanSeiAlalakITerhadap Sosial Ekonomi Masyarakat di Kelurahan Alalak Utara. Penelitianinmenggunakan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan kecermatan dan triangulasi (sumber dan teknik).

Hasil penelitian : 1). Proses proyek pembangunan Jembatan SeiAlalak 1 di Kelurahan Alalak Utara direncanakan selama dua tahun tetapiterdapathambatandalamprosespengerjaantersebut,sehinggadapatterselesaikansecaratotaldenganwaktuduatahundelapanbulan.2).Dampaksosial ekonomi masyarakat di Kelurahan Alalak Utara berupa bantuan atauganti rugi dari pemerintahan terhadap pembangunan jembatan ini karenadiketahui dalam pembangunnya menyebabkan beberapa rumah masyarakatmenjadiretak.Halinimenimbulkanketergantungandalammasyarakatdenganadanyabantuantersebut.Selainitu,beberapapemilikusahadisekitarjembatanmengakuusahanyamenjadilebihsepisemenjakadaproyekpembangunankarenajalandisekitarnyajugaharusditutup.

                                                                                                  

KataKunci:Pembangunan,JembatanSeiAlalak1,Sosial-Ekonomi


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI