DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK (KOORDINASI MATA DAN TANGAN) MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DAN SAVI PADA KEGIATAN KOLASE DENGAN BAHAN ALAM KELOMPOK A PAUD TERPADU ALMADINA KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:Khaalishatul Azkia
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-11


Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan motorik halus anak dalam koordinasi mata dan tangan. Upaya untuk mengembangkan aktivitas dan perkembangan anak yaitu melalui kombinasi model explicit instruction dan SAVI pada kegiatan kolase dengan bahan alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian hasil pengembangan kemampuan motorik halus anak dalam koordinasi mata dan tangan.

Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A2 PAUD Terpadu Almadina berjumlah 16 orang anak. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan anak. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang di jabarkan dengan tabulasi dan grafik di sajikan dengan indikator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria sangat baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif dan pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif. Dan pada hasil perkembangan pertemuan I mencapai kriteria Belum Berkembang (BB), pertemuan II mencapai kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan pertemuan III mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa guru berhasil melaksanakan menerapkan kombinasi model explicit instruction dan SAVI pada kegiatan kolase dengan bahan alam dalam mengembangkan aspek motorik halus anak dalam koordinasi mata dan tangan. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif untuk penelitian selanjutnya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan anak dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI