DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL REALING GAME PADA SISWA SEKOLAH DASAR
PENGARANG:Khoiriyah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-11


Khoiriyah. 2022. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Realing Game Pada Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Fathul Jannah, M. Pd.

KataKunci : Aktivitas, Hasil belajar, Realing Game

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran belum berpusat pada siswa, minimnya penggunaan media dan model pembelajaran serta kegiatan yang kurang variatif menyebabkan pembelajaran menjadi membosankan yang dapat mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa. Kurangnya pemahaman siswa akan materi berakibat pada hasil belajar siswa. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Realing Game. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Jenis Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus dengan dua pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDI Hidayatullah Taman Hudaya dengan jumlah 30 orang siswa pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik diinterpretasi dengan persentase serta indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 dan 2 memperoleh skor 25 dan 27 dengan kriteria “Baik”, meningkat pada pertemuan 3 dan 4 dengan skor 31 dan 35 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria “Cukup Aktif”, pada pertemuan 2 mencapai kriteria “Cukup Aktif”, pada pertemuan 3 mencapai kriteria “Aktif” dan pada pertemuan 4 mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada Pertemuan 1 pada aspek kognitif mencapai 47%, afektif 43% dan psikomotor 47% pertemuan 2 pada aspek kognitif 60%, afektif 57% dan psikomotor 63%. Pada Pertemuan 3 pada aspek kognitif mencapai 77%, afektif 73% dan psikomotor 63% dan pada pertemuan 4 aspek kognitif 87%, afektif 83% dan psikomotorik 90%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Realing Game dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan matematika. Adapun saran yang dapat diberikan bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi ataupun alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan matematika. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI