DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGARUH RASIO KEMANDIRIAN KEUANGAN, RASIO DESENTRALISASI FISKAL, RASIO BELANJA MODAL DAN RASIO BELANJA TRANSFER KE DESA TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN PADA KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:DEDY NOOR IRAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-11


Dedy Noor Irawan, 2022. Analisis Pengaruh Rasio Kemandirian Keuangan, Rasio Desentralisasi Fiskal, Rasio Belanja Modal Dan Rasio Belanja Transfer Ke Desa Terhadap Tingkat Kemiskinan Pada Kabupaten Tanah Bumbu. Tesis, Program Studi Magister Studi Pembangunan, Universitas Lambung Mangkurat. Muhammad Anshar Nur sebagai Pembimbing I dan Andi Tenri Sompa sebagai Pembimbing II .

Rasio kemandirian keuangan, desentralisasi fiskal, belanja modal dan belanja transfer ke desa dinilai berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan. Salah satunya diduga juga terjadi di Kabupaten Tanah Bumbu. Ketergantungan pada pendapatan pusat dinilai masih tinggi, sedangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus menjadi sumber utama.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio kemandirian finansial, rasio desentralisasi fiskal, rasio belanja modal dan rasio belanja transfer ke desa terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Tanah Bumbu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang didukung oleh data sekunder. Ruang lingkup penelitian ini meliputi beberapa variabel yang mempengaruhi tingkat kemiskinan di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2012 sampai dengan tahun 2021 yaitu rasio kemandirian keuangan, rasio desentralisasi fiskal, rasio belanja modal dan rasio belanja transfer ke desa. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, periode penelitian dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2021. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan data panel dan diolah menggunakan program SPSS.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Rasio kemandirian keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan, Rasio Desentralisasi fiskal berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan, rasio belanja modal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemiskinan, rasio belanja transfer ke desa tidak berpengaruh terhadap kemiskinan di Kabupaten Tanah Bumbu dan secara simultan belum berpengaruh terhadap kemiskinan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Kata kunci: Rasio Kemandirian Keuangan, Desentralisasi Fiskal, Belanja Modal, Belanja Transfer kedesa, Tingkat Kemiskinan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI