DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION, GROUP INVESTIGATION, DAN MAKE A MATCH
PENGARANG:MUHAMMAD DASUKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-11


ABSTRAK

Dasuki, Muhammad. 2022. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education, Group Investigation, Dan Make A Match. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd..

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Realistic Mathematics Education, Group Investigation, Make A Match, Matematika.

 

Pembelajaran matematika yang ideal adalah proses pengajaran yang tidak berfokus pada hasil yang dicapai, tetapi bagaimana proses pembelajaran dapat memberikan pengalaman dan perubahan perilaku yang dapat diterapkan dalam kehidupan. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Melayu 11 yang disebabkan pembelajaran yang masih terlalu abstrak, dan rendahnya keterlibatan siswa aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan menganalisishasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Volume Balok dengan model Realistic Mathematics Education, Group Investigation, Dan Make A Match.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan di kelas V SDN Melayu 11 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Analisis data dilakukan secara kualitatif, yaitu pada aktivitas guru dan aktivitas siswa. Kemudian secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa. Data dianalisis dengan teknik observasi, tes, dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, kedisiplinan belajar, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat dari skor 25 kriteria “Baik”, meningkat menjadi skor 31 kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 30% kriteria “Cukup Aktif ” dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 100% kriteria “Sangat Aktif”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 65% dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 90%.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model Realistic Mathematics Education, Group Investigation, Dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu bahan masukan dalam melaksanakan pembinaan kepada guru-guru, dan alterntif dalam memilih model pembelajaran inovatuf serta mejadi salah satu referensi dalam mengembangkan penelitian selanjutnya khususnya materi volume balok pada siswa kelas V.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI