DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK KELAS X PADA PEMBELAJARAN ERA ABAD KE-21 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KAPUAS
PENGARANG:Nuralma
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-12


INTISARI

Guru memiliki peran penting dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan kemampuan literasi siswa. Selama pandemi COVID-19 pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas dilakukan secara daring sehingga membuat semangat peserta didik sangat menurun dan pembelajaran menjadi sangat tidak efektif. Seiring dengan dilaksanakannya pembelajaran luring kondisi literasi di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas terlihat bahwa semangat peserta didik mulai tumbuh dan minat baca peserta didik mulai meningkat. Madrasah Aliyah Negeri Kapuas sudah menerapkan pembelajaran era abad ke-21 seperti peserta didik sudah melakukan kerjasama yang baik, dapat berkomunikasi dengan baik, berpikir kritis dan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan kemampuasn literasi peserta didik kelas X pada pembelajaran era abad ke-21 di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif deskriptif.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran yang berjumlah 50 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Kuesioner berisi tentang variabel penelitian yaitu peran guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi peserta didik kelas x pada pembelajaran era abad ke-21. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan skala likert. Skala yang digunakan dari angka 1-5 yang diperoleh berdasarkan jawaban pengisian kuesioner oleh responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi memiliki kategori sangat berperan dengan nilai 87,4%. Peran guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas pada pembelajaran era abad ke-21 yaitu membuat kegiatan/program membaca buku 15 menit sebelum pelajaran dimulai, membuat pojok baca dan membuat jadwal wajib kunjungan perpustakaan karena peran guru tidak hanya mengajar, tetapi juga membimbing siswa dalam menemukan dan memahami buku bacaan yang tepat.

Kata Kunci : Peran guru, Kemampuan literasi, Pembelajaran abad ke-21

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI