DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKn TENTANG KERAGAMAN KARAKTERISTIK INDIVIDU MELALUI KOMBINASI MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR), MIND MAPPING DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS 4 SDN TELUK MESJID 1 HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:NITA SEPTIANA HAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-12


Hayati, Nita Septiana. 2022. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ppkn Tentang Keragaman Karakteristik Individu Melalui Kombinasi Model Auditory, Intellectually, Repetition (Air), Mind Mapping Dan Course Review Horay (Crh) Pada Siswa Kelas 4 Sdn Teluk Mesjid 1 Hulu Sungai Utara. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. H. Ramadi, M.Pd

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Keragaman Karakteristik Individu, Model Auditory, Intellectually, Repetition (Air), Mind Mapping Dan Course Review Horay (Crh)

Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas,dan hasil belajar siwa terhadap muatan PPKn pada materi keberagaman karakteristik individu pada siswa kelas 4 SDN Teluk Mesjid 1 HSU. Penyebab dari masalah tersebut adalah Kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran kurang menarik. Solusi dalam mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan model kombinasi model Auditory, Intellectually, Repetition (Air), Mind Mapping Dan Course Review Horay (Crh). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, dan hasil belajar muatan PPKn materi Keragaman Karakteristik Individu pada siswa kelas 4 SDN Teluk Mesjid 1 HSU.

Pendekatan penelitian ialah pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 Pertemuan, dilaksanakan di kelas 4 SDN Teluk Mesjid 1 HSU yang berjumlah 17 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Analisis data berupa analisis deskriptif dan crosstabel. Indikator keberhasilan Aktivitas siswa skor 26-32 dengan klasikal ≥80% serta hasil belajar individu semua siswa dengan ≥70 KKM dengan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru dengan presentase 100% kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa dengan presentase klasikal 94% kriteria “Hampir Seluruhnya”. Begitu pula dengan hasil belajar siswa dengan presentase klasikal 100% Kriteria “Sangat Baik”.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model kombinasi Auditory, Intellectually, Repetition (Air), Mind Mapping Dan Course Review Horay (Crh) dapat meningkatkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lain hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan, informasi atau alternatif dalam memilih model pembelajaran PPKn khususnya materi Keragaman karakteristik individu serta dapat dijadikan referensi dalam melakukan penelitian berikutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI