DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH, IKLIM ORGANISASI, MOTIVASI KERJA DENGAN KEPUASAN KERJA GURU SMA NEGERI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:MUHAMMAD FAJAR FIRDAUS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-12


ABSTRAK

 

Firdaus, Muhammad Fajar. 2022. Hubungan Komunikasi Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, Motivasi Kerja dengan Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri Kota Banjarbaru. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D., (2) Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D

Kata Kunci:  Komunikasi Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, Motivasi Kerja,       Kepuasan Kerja

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi kepala sekolah, iklim organisasi, motivasi kerja, dan kepuasan kerja; hubungan komunikasi kepala sekolah dan kepuasan kerja; hubungan iklim organisasi dan kepuasan kerja; hubungan motivasi kerja guru dan kepuasan kerja; menganalisis hubungan komunikasi kepala sekolah dan motivasi kerja; hubungan iklim organisasi dan motivasi kerja; hubungan komunikasi kepala sekolah dan kepuasan kerja guru melalui motivasi kerja; hubungan iklim organisasi dan kepuasan kerja guru melalui motivasi kerja.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah 248 orang. Sampel penelitian sebanyak 153 orang yang dipilih secara proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner instrument terdiri dari komunikasi kepala sekolah (17 item), iklim organisasi (17 item), motivasi kerja (28 item), dan kepuasan kerja (16 item) yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan langsung komunikasi kepala sekolah dan kepuasan kerja; iklim organisasi dan kepuasan kerja; motivasi kerja guru dan kepuasan kerja; komunikasi kepala sekolah dan motivasi kerja; iklim organisasi dan motivasi kerja; dan hubungan tidak langsung komunikasi kepala sekolah dan kepuasan kerja guru melalui motivasi kerja; iklim organisasi dan kepuasan kerja guru melalui motivasi kerja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan komunikasi kepala sekolah, iklim organisasi, motivasi kerja dengan kepuasan kerja guru SMA Negeri Kota Banjarbaru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI