DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MOODLE SEBAGAI PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA KELAS X SMAN 7 BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKI CICA ANANDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-08-12


LKPD merupakan sumber belajar yang berisi serangkaian kegiatan dan latihan bagi peserta didik untuk mempermudah pemahaman terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan LKPD berbasis moodle  sebagai pembelajaran interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas X yang berkualitas dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (4-D). Tahapan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Hasil validasi LKPD dari ahli materi mendapatkan persentase 93,5% sehingga LKPD masuk kriteria sangat valid dan hasil validasi ahli media terhadap media pembelajaran berbasis moodle mendapatkan presentase 94,5% sehingga masuk kriteria sangat valid. Hasil uji coba produk dengan melakukan pre-test dan post-test  kepada 20 peserta didik kelas X MIPA 7 SMA Negeri 7 Banjarmasin. Rata-rata skor pre-test sebesar 43,75 dan rata-rata post-test sebesar 81,5 dan hasil perhitungan dengan dilihat dari nilai gain skor berjumlah 0,7 dengan kategori tinggi.Hasil angket respon peserta didik mendapatkan persentase 87% dan angket respon pendidik mendapatkan persentase 98% menunjukan bahwa LKPD masuk kriteria praktis. Sehingga, dihasilkan LKPD berbasis moodle  sebagai pembelajaran interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas X yang valid, efektif, dan praktis.

 

Kata kunci: LKPD, Moodle, Pembelajaran Interaktif, Pemahaman Konsep.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI